Mau Belanja di Ali Express atau Amazon, Yuk Kenali dulu EMS - Agung Firdausi Ahsan

Mau Belanja di Ali Express atau Amazon, Yuk Kenali dulu EMS

Tracking AWB/Resi menggunakan Cainiao

Bagi kalian yang sering belanja melalui e-comerce internasional seperti Amazon, E-Bay ataupun Ali Express, Taobao dsb pasti sudah tidak asing dengan istilah di EMS, namun bagi pemula mungkin masih bingung mendengar istilah-istilah di EMS, EMS (Express Mail Service) sendiri adalah layanan pengiriman surat dan paket internasional, dan seperti yang kita ketahui kalau waktu pengiriman paket dengan EMS cukup lama sampai di Indonesia. Wajarlah kita kalau merasa khawatir terhadap keadaan paket dan dimana sekarang lokasinya karena jelas jauh berbeda dengan pengiriman domestik.


Dulu sewaktu masih di Mozilla, saya sering menerima paket dari Kantor Mozilla di MV, California US, disana saya belajar mengenai kode-kode EMS, namun belum sempat menulis di blog dan pada akhirnya kemarin saya mencoba berbelanja di Ali Express, dimana Ali Express merupakan E-Comerce yang masih masuk di Alibaba Grup milik Jack Ma yang pastinya pusatnya di Tiongkok dong jadi mau tidak mau berususan lagi dengan EMS dan Bea Cukai karena dimana pemerintah mengendalikan impor mulai diterapkan pada tanggal 30 Januari 2020, jika sebelumnya barang impor dengan nilai di bawah US$ 75 masih bebas tarif bea masuk, kini barang dengan harga US$ 3 per kiriman pun sudah dikenai bea masuk.Ketentuan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 199 Tahun 2019 tentang Ketentuan Kepabeanan, Cukai dan Pajak Atas Impor Barang. Dalam ketentuan tersebut, penyesuaian batas nilai pembebasan tarif bea masuk atau (de minimis value) diberlakukan per 30 Januari 2020.  
Dengan aturan ini, artinya pembebasan tarif bea masuk untuk impor produk barang kiriman hanya diberlakukan kepada produk dengan nilai di bawah Rp 40.971/kiriman (kurs US$1=Rp13.657). Sebelum aturan ini berlaku, produk barang kiriman yang bebas bea masuk adalah yang seharga US$75/kiriman atau setara dengan Rp 1,02 juta/kiriman.


Kalau anda pernah mengecek nomor resi EMS untuk melacak paket maka akan muncul berbagai macam informasi pada halaman shipment statusnya, dan yang terpenting selain kolom office yang menunjukkan dimana posisinya juga kolom status yang menandakan apa kondisinya. Karena istilah yang digunakan dalam statusnya adalah bahasa Inggris ini kadang menyulitkan kita dalam mengerti maksudnya, dan karena itulah saya membuat panduannya ini,semoga bisa memberikan pencerahan buat pelanggan kiriman EMS

Berikut adalah beberapa kode shipment status EMS dan artinya


Status

Penjelasan

EMA: Posting collection

Pengirim sudah mengirimkan paket, paket sudah ada dalam sistem pengiriman EMS dan menunggu keberangkatan ke negara tujuan.

OE (Office of Exchange)

Kantor pertukaran barang internasional atau bea cukai setempat.

EMB: Arrival at outward OE

Paket sudah berada di kantor bea cukai negara asal. Jika ditemukan masalah, paket akan dikembalikan ke pengirim.

EMC: Departure from outward OE

Paket sudah berangkat dari negara asal.

EMD: Arrival at inward OE

Paket sudah tiba di negara tujuan.

EME: Airport handling

Paket sedang diproses di kantor pos bandara.

EMF: Departure from inward OE

Paket sudah berangkat dari kantor pos bandara dan dalam perjalanan ke kantor pos cabang.

Airport Handling

Pihak bandara udara sedang membongkar kargo dan mensortir paket anda.

Processing document by Customs

Bea cukai akan mengecek dokumen barang yang dikirim dalam paket anda.

Held by Customs

Paket dikenakan Pajak (Tax) Rp. 0,00 – Bisa muncul status yang mirip seperti ini, ini menunjukkan bahwa barang anda sedang ditahan atau diproses bea cukai dan ada pajak tambahan.

EMG: Arrival at delivery

Paket sudah diteruskan ke Pos Indonesia.

EMH

Paket diproses di kantor pos lokal. Jika barang tidak dikenakan bea masuk, maka barang akan langsung dikirimkan ke alamat tujuan. Tapi jika barang dikenakan bea masuk, kamu akan dikirimkan surat panggilan untuk pengambilan dan pembayaran pajak masuk.

EMI: Final delivery

Paket sudah tiba di alamat tujuan.

Diatas adalah istilah istilah status kiriman diatas sering kita jumpai terutama bagi pelanggan Pos Indonesia yang sering melakukan transaksi dari dalam atau Luar Negeri dengan menggunakan layanan Kirim Paket atau Surat EMS ( Express Mail Service ), kebanyakan status pengiriman EMS terdiri dari istilah dalam bahasa Inggris disertai kode berawalan EM, jadi jangan khawatir jika paketmu belum sampai-sampai

 

Latest
Previous
Next Post »