Kitab Tafsir Jalalain - Agung Firdausi Ahsan

Kitab Tafsir Jalalain

Kitab Tafsir Jalalain adalah kitab yang ditulis oleh Syekh Jalaluddin al-Mahalli dan Syekh Jalaluddin al-Suyuthi. Keduanya adalah ikatan anatara guru dan murid, awalnya kitab ini ditulis oleh Syekh Jalaluddin al-Mahalli pada tahun 1459, setelah beliau meninggal kemudian diteruskan oleh santri beliau yaitu Syekh Jalaluddin al-Suyuthi pada tahun 1505. Demikian kitab ini dikenal dengan sebutan Tafsir Jalalain yang artinya kitab tafsir Al-Qurán yang ditulis oleh dua Imam Jalal atau Imam Jalalain. Kitab Tafsir Jalalain merupakan salah satu Kitab yang memberikan tafsir dan penjelasan lebih spesifik dalam makna Al-Qur'an. Kitab ini merupakan standar Kitab Tafsir Al-Qurán yang banyak dikaji di beberapa pondok pesantren salaf.
 
Kitab ini satu-satunya kitab tafsir yang penyusunnya dua orang. Uniknya mereka tidak mengerjakannya secara bersamaan. Siapa yang tak kenal dengan Tafsir Jalalain? Setiap pengkaji tafsir Al-Quran pasti mengenal kitab tafsir ringkas yang disusun dua maestro ilmu tafsir, Jalaluddin Al-Mahalli dan Jalaluddin As-Suyuti. Jalaluddin, yang berarti orang yang mengagungkan agama, adalah gelar yang diberikan kepada seorang ulama yang dianggap sangat ahli dalam bebarapa ranah ilmu. Dalam khazanah tasawuf, misalnya, nama Jalaluddin dinisbatkan kepada sufi besar Maulana Muhammad bin Muhammad Al-Qunuwi Al-Balkhi Ar-Rumi alias Jalaluddin Rumi.

Karena disusun oleh dua Jalaluddin itulah kitab tafsir berusia empat abad yang menjadi rujukan wajib di banyak pesantren ini dinamakan Tafsir Jalalain, Tafsir Dua Jalal.

 
Jika anda tertarik untuk mempelajarinya silahkan unduh filenya di link ini
Previous
Next Post »