Cara Menulis Huruf Jepang di Laptop - Agung Firdausi Blog

Cara Menulis Huruf Jepang di Laptop



Mungkin kalian yang suka sekali dengan Jepang atau orang melayu bilang “Jepun”, suka terhadap budaya Jepang, penampilan ala Jepang bahkan bahasa jepang yang mempunyai gaya huruf tersendiri atau yang sering disebut huruf Kanji, Katakana dan Hiragana.

Anda ingin menulis huruf Kanji, Katakana dan Hiragana di komputer atu laptop anda ?

Caranya cukup mudah yaitu silahkan anda simak perintah dibawah ini :

  • Buka Control Panel lalu klik tulisan “Change keyboards or other input methods” tepat dibawah tulisan“Clock, Languange and Region” yang agak besar ukuran fontnya.
  • Setelah di klik akan muncul jendela baru yaitu jendela “Region and Language” setelah itu klik tulisan “Change Keyboards..”
  • Setelah itu akan muncul lagi jendel baru yaitu jendela “Text Service and Input Languages” dan disebelah kanan kotak ada Tombol “Add” silahkan di klik lalu cari tulisan “Japan” lalu klik lagi akan muncul tulisan “Keyboard” dan kalian klik lagi akan muncul beberapa pilihan, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

  • Silahkan kalian centang tulisan “Japan” dan “Microsoft IME” dimana Microsoft IME kepanjangan dari “Microsoft Input Methode”.
  • Setelah anda centang silahkan klik tombol “OK” setelah itu jendela akan tertutup dan akan muncul lagi jendela yang tadi, setelah muncul silahkan klik lagi tombol “Apply” kemudian tombol “OK” didekatnya.
  • Setelah itu silahkan buka Microsoft Word anda, lalu untuk mengaktifkan silahkan anda lihat di dekat jam anda dibawah ada “Languange Bar” kalau dikomputer saya ada tulisan “IN” artinya Indonesia atau di komputer kalian mungkin juga bisa tulisannya “EN” yang artinya “English”.
  • Setelah kalian akan muncul pilihan dan silahkan anda klik tulisan “Japan” setelah anda klik silahkan anda coba di tuliskan sesuatu maka akan menulis huruf Jepang.

Untuk mengganti lagi ke huruf latin silahkan anda klik ikon seperti gambar dibawah ini :

Silahkan anda klik ikon “A” disana akan muncul beberapa pilihan seperti gamabr diatas dimana, anda bisa memilih mau menulis latin di pilihan “Full-width Alpanumeric”, jika anda ingin menulis Katakatan kali tinggal pilih “Full-width Katakana” dan jika anda ingin Hirgana anda tinggal klik Hiragana.



Mudah bukan dalam Cara Menulis Huruf Jepang di Laptop, Semoga bermanfaat dan silahkan anda share ilmu ini ke teman-teman anda yang sedang membutuhkan.


Previous
Next Post »