Logika Agama dan Logika IPTEK - Agung Firdausi Blog

Logika Agama dan Logika IPTEK




Logika Agama yaitu suatu logika yang lebih menjurus terhadap masalah akhirat tetapi dalam kehidupan sehari-hari juga diterapkan dengan berbagai konsep pengaplikasian seperti Agama Islam yang berpedoman kepada Kitab Suci Alquran dan Hadist, seperti agama Kristen yang berpedoman kepada Al-Kitab dan Surat-Surat Perjanjian,seperti Agama Hindu yang berpedoman kepada Weda dan Buddha yang berpedoman kepada Dharma.

Agama berawal dari sebuah keyakinan manusia, agama adalah akar atau pegangan hidup manusia dalam kehidupan di dunia ini, jika kita menalar lebih jauh dan dengan logika kita bayangkan lebih dulu mana agama dan ilmu pengetahuan itu lahir ?

Jawabannya pastilah ilmu pengetahuan karena manusia dilahirkan dibumi pertama kali tidak mengenal adanya agama, agama sendiri itu muncul ketika mempunyai pikiran kita yang dewasa, dengan pikiran kita yang dewasa kita bisa memilih pola hidup kita kedepan bagaimana dan peran agama dalam hidup kita itu bagaimana.

Ilmu pengetahuan sangat penting dalam hidup kita, jika kita merasa bodoh itu sangat salah karena Tuhan menciptakan kita sebaik-baiknya, di Al-Kitab Allah berfirman ”Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan dilaut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di tanah” (Kejadian 1:26), Dari firman inilah kita dituntut untuk menguasai bumi dengan kemampuan yang kita miliki yaitu dengan pikiran kita yang mampu membangun teknologi dari masa ke masa.

Pada abad ke 18 hampir kota Alexandaria dan Mesopotamia (red. Sekarang kota Mesir) menjadi pusat ilmu dan teknologi karena majunya teknologi yang berkembang disana berkat bantuan pemikiran dari ilmuwan-imuwan muslim, setelah kita telusuri ternyata para ilmuwan islam itu berpedoman kepada kitab suci mereka yaitu kitab suci Al-Quran yang berisi tentang mencakup semua yang ada di dunia ini, setelah mengetahui rahasia-rahasia ilmuwan muslim banyak ilmuwan eropa yang dating ke tanah mesir dan arab untuk belajar tentang ilmu pengetahuan dan teknlogi peradaban tinggi yang mereka miliki.

Yang menjadi bahasan kali ini adalah pemanfaatan ilmu pengetahuan yang banyak disalahgunakan oleh para orang-orang yang tidak bertanggung jawab misalnya Alfred Dinamit seorang ilmuwan berkebangsaan inggris yang menemukan dinamit pertama kali dia sangat kecewa kepada prilaku manusia yang memanfaat temuannya untuk keperluan perang dan dia mewariskan kepada orang yang bisa melestarikan bumi dengan penghargaan yang dikenal dengan “Nobel”.

Dalam memanfaatkan teknologi kita harus lebih pandai-pandai dalam berpikir matang-matang agar kita tidak menyalahgunakan teknologi itu alahkan baiknya jika kita memanfaatkan teknologi dengan landasan agama karena agama membuat kita bisa sadar dan mengerti apa tujuan kita belajar ilmu pengetahuan.

Ilmu pengetahuan lebih mengedepankan tentang ilmu duniawi, dengan ilmu pengetahuan kita bisa menjadi manusia yang bermatabat di dunia jika kita menerapkan itu dengan agama tambah baik lagi contohnya agama mengajarkan tentang tidak baik kita serakah terhadap dunia.

Previous
Next Post »