Minimnya Tingkat Kesadaran Politik Dalam Masyarakat - Agung Firdausi Blog

Minimnya Tingkat Kesadaran Politik Dalam Masyarakat



Politik mungkin anda berpikir bahwa politik itu hanya membingungkan, memusingkan bahkan para ABG sekarang ketika ditanya politik jawabnya “tidak mengerti politik”, “tidak mau ambil pusing dengan politik” dan “tidak tahu menahu dengan politik” tidaklah anda sadari akan pentingnya politik dalam berkehidupan sosial dan bermasyarakat.

Sebelumnya apa sih politik itu ?
Istilah kata “politik” berasal dari kata “Polis” (Dalam bahasa Yunani) yang artinya Negara atau Kota. Dari kata “Polis” dihasilkan kata-kata, seperti:
1. Politeia yaitu semua yang berkaitan dengan Negara.
2. Polites yaitu Penduduk Suatu Negara.
3. Politikus yaitu seseorang yang ahli dan paham tentang Negara.
4. Politicia yaitu Pemerintahan dalam Negara.

Secara umum dapat diartikan bahwa politik adalah kegiatan dalam suatu sistem dalam Negara yang menyangkut proses penentuan tujuan dari system tersebut dan bagaimana melaksanakan tujuannya.
Memang politik di negeri ini cukup memprihatinkan bahkan cukup mengenaskan, mengapa demikian ?
Kita akan ambil segelintir contoh yaitu Banyak Para politisi partai saling menjatuhkan bahkan banyak juga yang menjadi korban politisasi yang tidak sehat gara-gara PEMILU sudah dekat, maka tidak lain dengan tujuan mempora-porandakan kekuatan suatu partai.

Dilihat dari diatas itu sangat tidak mencerminkan budaya politik yang sehat dan itulah realita yang ada di dalam negeri ini tapi yang menjadi permasalahan bukan disisi “Politik Tidak Sehat” tetapi kesadaran masyarakat akan pentingnya politik dan berpolitik dalam kehidupan sosial.

Masyarakat memandang politik dengan sebelah mata bahkan tidak sedikit politik yang diartikan dengan konotasi “Negatif”, tidaklah anda sadari bahwa anda hidup itu sudah berpolitik, anda berorganisasi sudah termasuk kegiatan politik maka anda juga termasuk pemeran politik.

Maka kita bisa ambil artikel kesimpulan diatas yaitu kita jangan memandang sebelah mata tentang politik, karena kita hidup juga termasuk berpolitik dan suatu Negara bisa besar karena pemudanya atau generasi bangsanya yang ikut andil dalam membangun bangsa misal dengan sadar akan pentingnya berpolitik seperti ikut PEMILU, ikut andil dalam pembangunan, ikut mengharumkan nama baik Indonesia dengan prestasinya dsb.

Mungkin itulah sedikit renungan tentang Minimnya Tingkat Kesadaran Politik Dalam Masyarakat, Semoga Bermanfaat


Previous
Next Post »