Pantai Batu Sulung, Keindahan Tersembunyi di Sumenep - Agung Firdausi Blog

Pantai Batu Sulung, Keindahan Tersembunyi di Sumenep



Batu Sulung mungkin bagi orang Sumenep-pun tidak banyak yang tahu tentang keberadaan dan keindahan objek wisata ini, mungkin kalian bertanya-tanya apa sih Batu Sulung itu ?
Batu Sulung adalah Sebuah objek wisata yang berupa pantai yang terletak di Desa Karduluk Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep.
Setelah kami survey ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumenep ternyata pantai ini belum terdaftar sebagai obyek wisata, kami juga heran mengapa pantai sebagus ini tidak terdaftar sebagai objek wisata maupun terjamah oleh campur tangan pemerintah untuk pelestarian dan pengembangannya.
Keunikan pantai Batu Sulung dari semua pantai di Sumenep yaitu bebatuannya, bebatuannya yg tersebar dibibir pantai dan anehnya lagi bebatuan bebatuan tersebut seolah-olah seperti baru dipindahkan atau baru terseret ombak dari laut menuju ke daratan dilihat dari posisi-posisi bebatuan yang seperti baru terhempas dari laut ke daratan.

Selain bebatuan di pinggir pantai juga terdapat gua-gua stalakmit yang terbentuk alami di sebelah timur pantai disana kita bisa menikmati gua-gua bahkan bisa masuk ke dalamnya walau tidak terlalu dalam diperkirakan cuma 3 meter kedalamannnya dari mulut gua dan diatasnya gua tersebut kita bisa mendaki sedikit untuk melihat keseluruhan panorama keindahan pantai karena letak yang lumayan cukup agak tinggi dari sekitarnya.
Ohh iya ternyata pantai ini sudah dikenal sejak pemerintahan Belanda lho terbukti terdapat sebuah runtuhan bangunan yang berbentuk seperti terowongan yang diperkirakan sebagai terowongan kereta api “Madoera Stoomtram Maatschappij” yaitu sebutan untuk jalur kereta api yang berada di Pulau Madura dan diperkirakan juga sebagai pintu masuk untuk menujur pantai, seperti yang anda lihat gambar dibawah ini terdapat tulisan dengan memakai Bahasa Belanda yang tulisannya mulai agak lusuh dan using karena terkikis oleh erosi dan anehnya lagi mengapa pemerintah sekarang malah tidak tahu tentang pantai ini padahal jika sudah dari dahulu pantai ini sudah dikenal.

Pantai ini terletak 100 Meter dari jalan raya di Desa Karduluk, mungkin masih ada yang belum tahu dengan Desa Karduluk, Desa Karduluk terletak ke selatan kota Sumenep sekitar 20 KM dari pusat Kota, Desa Karduluk terkenal dengan industri mebelnya yang sudah dikenal di pelosok Madura bahkan banyak mebel-mebel produksi Desa Karduluk yang sudah dikirim ke luar pulau Madura.

Itulah postingan tentang “Batu Sulung, Keindahan Tersembunyi” nantikan postingan selanjutnya tentang tempat-tempat wisata dan budaya  di Madura.


Previous
Next Post »