Tanahmerah, Misteri Desa 1000 Mata Air - Agung Firdausi Blog

Tanahmerah, Misteri Desa 1000 Mata Air

Mata Air di Tanahmerah
Salah Satu Mata Air yang terletak di Desa Tanahmerah



Tanahmerah adalah nama sebuah desa, terletak di Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep. menempuh sekitar 20 Menitan dari Pusat Kota Sumenep atau 4 KM dari dari Pusat Kota Sumenep.

Di Desa Tanahmerah merupakan satu-satunya di Sumenep bahkan di Madura, desa atau tempat yang mempunyai banyak mata air, bahkan setiap rumah di Desa Tanahmerah punya mata air sendiri entah itu berupa seperti kolam bahkan seperti sungai-sungai kecil,

Disini terdapat beberapa mata air yang cukup besar yang bisa dijadikan tempat pemandian umum sehingga mata air ini merupakan tempat beraktivitas warga sehari-hari entah itu dibuat mandi atau cuci-cuci, disini anda akan menemukan istilah Somber Lakek (Sumber Laki-Laki) dan Somber Bini’ (Sumber Perempuan).

Mungkin anda masih bingung dengan istilah diatas, penduduk setempat menyebut mata air dengan sebutan Somber yang artinya memancar atau sumber air yang memancar.
Kemudian anda juga pasti heran kenapa ada Somber Lakek dan Somber Bini’ ?
Karena masyarakat di Desa Tanahmerah merupakan penduduk dengan mayoritas Agama Islam yang teguh sehingga tempat pemandian untuk laki-laki dan perempuan dipisah.

Yang perlu anda ketahui, sumber dari semua mata air ini sampai sekarang masih menjadi misteri, darimana air itu memancar menurut para sesepuh air mata ini berasal dari gunung padahal dilihat dari segi geografis Desa Tanamerah adalah dataran rendah sehingga tidak ada gunung sekalipun di sekitar wilayah Tanahmerah atau di sekitar Saronggi-pun dan tanahnya yang sedikit berbatu membuat kita semakin kehabisan akal, darimana asal mata air itu ?

Mata air disini airnya sangat jernih dan bisa langsung diminum karena rasanya yang segar, jika anda penasaran anda bisa langsung kesini dan menikmati langsung, ohh.. iya salah satu keunikan mata air ini adalah ketika pagi hari airnya itu hangat bukan dingin seperti air yang biasanya, aneh bukan ? tapi kalau agak siang airnya perlahan-lahan menjadi dingin dan sejuk.

Previous
Next Post »