Mengenal Susu dan Jenisnya - Agung Firdausi Ahsan

Mengenal Susu dan Jenisnya

 
Tahukah anda terhadap susu ?
Yah susu dominan yang sering dikonsumsi adalah susu sapi, tapi tahukah anda bahwa susu masih banyak macamnya, penasaran kan ?
Silahkan simak dibawah ini
  • Whole milk (susu murni)
Susu ini memiliki tekstur yang kaya dan mengandung lemak susu sekitar 4%. Anak-anak yang berhenti dari ASI diberikan susu murni untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka
  • Susu dua % (two percent milk)
Susu ini mengandung lemak susu lebih sedikit. Susu ini mengandung 10 gram Glossary Link protein dan diperkaya dengan Glossary Link vitamin A dan D seperti susu murni. Susu ini tidak terlalu kaya kandungannya karena kurangnya lemak susu.
  • Susu satu % (one percent milk)
Jenis susu ini paling dekat dengan susu skim, tetapi dengan beberapa kandungan yang lebih tebal dari air. Susu ini memberikan Anda manfaat vitamin tambahan namun tanpa disertai lemak susu. Bila Anda ingin menurunkan berat badan, cobalah susu ini atau susu skim.
  • Susu skim
Tidak mengandung lemak susu. Susu ini memberikan kalori lebih sedikit dibandingkan susu murni. Susu ini memiliki warna kebiruan dan mengandung lebih banyak air. Susu ini juga mengandung vitamin, layaknya susu murni.
  • Susu organik
Susu ini lebih mirip dengan susu murni, tetapi telah memenuhi pedoman yang ditetapkan oleh pemerintah dalam mendapatkan susu dari pertanian organik. Susu ini lebih sedikit mengandung pestisida, hormon dan antibiotik bila dibandingkan dengan susu biasa.
  • Buttermilk (susu mentega)
Memiliki penampilan kekuningan dan beraroma asam. Ini dikarenakan susu ini adalah susu asam. Terbuat dari susu rendah lemak dan mengandung pemanis untuk rasanya. Susu ini dapat digunakan untuk membuat biskuit, pancake dan wafel.
  • Susu kedelai
Bagi mereka yang vegan atau vegetarian dan tidak ingin mengonsumsi produk daging. Susu ini berasal dari protein kedelai. Ini lebih mirip seperti minuman tetapi memiliki konsistensi susu dan banyak protein.
  • Susu dengan perasa
Terbuat dari susu dua persen atau bebas-lemak. Perasa ditambahkan untuk susu rasa strawberi. Cocoa ditambahkan untuk susu rasa coklat. Pemanis juga ditambahkan untuk menambah rasa.
  • Susu bubuk
Susu ini diproses dan dipanaskan untuk menghilangkan bakteri. Susu ini terbuat dari campuran susu murni dan sebagian susu skim. Air dihilangkan dari cairannya untuk memproduksi bubuk. Susu ini memiliki masa kadaluarsa lebih lama dan dapat dilarutkan dengan air untuk sereal atau masakan.
  • Susu kental
Digunakan untuk mempermanis resep masakan. Ini adalah susu yang dihilangkan airnya dan dengan gula, susu dibuat kental.

Sudah tahu kan dengan jenis-jenis susu, semua susu itu pasti ada manfaatnya dan pasti sangat berguna bagi tubuh karena susu merupakan makanan 4 Sehat 5 Sempurna jadi susu adalah pelengkap makanan sehat kita.
Previous
Next Post »