Dislokasi - Agung Firdausi Blog

Dislokasi

Dislokasi adalah cacat garis yang menimbulkan distorsi pada lattice yang berpusat pada suatu garis atau ketidaksempurnaan susunan periodik atom dalam kristal yang membentuk suatu jalur tertentu, jalur ini merupakan yang menyebabkan gejala slip maupun penyebab sebagian besar logam berubah bentuk menjadi plastik.  Dislokasi terdiri dua jenis yaitu dislokasi sisi dan dislokasi ulir, dan dapat juga terjadi dislokasi yang merupakan kombinasi dari keduanya yang dinamakan dislokasi campuran.

Dislokasi sisi (edge Dislocation)
 
Dapat digambarkan sebagai sisipan  satu bidang atom tambahan dalam struktur kristal. Di sekitar dislokasi terdapat daerah yang mengalami tekanan dan tegangan sehingga terdapat energi tambahan sepanjang dislokasi tersebut.

Dislokasi Ulir (screw dislocation)
 
Menyerupai spiral  dengan garis cacat sepanjang sumbu ulir. Vektor luncur sejajar dengan garis dislokasi atom-atom disekitar, dislokasi ini mengalami gaya geser, oleh karena itu terdapat energi tambahan. Dislokasi ini memudahkan pertumbuhan kristal, karena atom dalam sel satuan tambahan dapat bertumpuk pada setiap anak tangga ulir.

Dislokasi campuran
 
Mudah terjadi pada saat behan mengalami deformasi dimana suatu pergeseran dapat mengakibatkan terjadinya dislokasi sisi maupun dislokasi ulir. Keduanya menghasilkan deformasi akhir yang sama dan sebenarnya dihubungkan satu sama lainya oleh garis dislokasi yang terjadi.
Previous
Next Post »