Rujak Jeiris, Rujak Khas Nambakor - Agung Firdausi Blog

Rujak Jeiris, Rujak Khas Nambakor


Salah satu kuliner khas desa Nambakor yang unik karena tidak ada di tempat lain dan namanya pun tidak semua orang tahu yaitu rujak Jeiris, suatu kuliner yang tidak asing bagi masyarakat Desa Nambakor.
Rujak Jeiris adalah sejenis rujak yang didalamnya terdapat berbagai buah dan sayuran, diantaranya buah ketimun, manga, jambu monyet, kedondong, pepaya dsb. untuk sayurannya yaitu kangkung, gubis, toge,dsb. Dan disiram dengan dengan petis Madura yaitu petis yang rasanya asin yang terbuat dari ikan asli dan jika dicicipi hmm.. dijamin ketagihan dengan sedikit campuran cuka Alam(cuka yang terbuat dari fermentasi buah Nira), gula dan garam yang disiram diatas rujak Jeiris.
Disini rujak Jeiris bukan hanya kuliner tapi merupakan simbol keakraban antar masyarakat karena kalau masyarakat Desa Nambakor biasanya rujakannya diluar rumah seperti di teras atau di Lencak (Tempat duduk yang terbuat dari bambu) yang pada umumnya terletak di samping atau di depan rumah-rumah yang terdapat di Desa Nambakor dan biasanya kalau rujakan masyarakat Nambakor waktu berkumpul dengan tetangga-tetangga dengan seperti itu secara tidak langsung terbentuknya keakraban yang erat antar masyarakat.

Previous
Next Post »