Web Maker Party 2013 di UTM

Setelah berlangsung #MakerPartySUB yaitu acara Web Maker Party yang diadakan oleh Mozilla Indonesia regional Jawa Timur pada 10 September 2013, pada kesempatan selanjutnya maker party diadakan di Madura tepatnya di Kampus Universitas Trunojoyo Madura, dengan melibatkan salah satu organisasi di kampus tersebut acara Maker Party bisa terlaksana tepat tanggal 12 september 2013.

Saya sebagai FSA (Firefox Student Ambassadors) mempunyai tanggung jawab penuh atas acara mulai dari konsep dan hingga berjalannya acara, acara ini dihadiri oleh Leader dari Mozilla Indonesia Regional Jawa Timur sekaligus ReMo yaitu Benny Chandra.

Acara Web Maker Party kali ini dikonsep menjadi 2 sesi acara yaitu :
-        - Pengenalan Web Maker dan tool-toolnya
-        - Pengenalan Firefox OS

Acara dimulai jam 09.00 WIB dengan dihadiri sekitar 50an Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura itu sendiri dan 20an Siswa dari sebuah SMK swasta yang berada di Lingkungan sekitar kampus Universitas Trunojoyo Madura, acara dimulai dengan sesi pertama yaitu Pengenalan Web Maker dan Tool-toolsnya.
Pada sesi pengenalan Web Maker, saya ditugaskan oleh Om Benny Chandra untuk mengisi di sesi ini, dimulai dengan mengenalkan Thimble, Pop Corn dan Xray Googles, para  peserta saat antusias dalam mengikuti acara, mereka lebih tertarik di Thimble karena menurut opini mereka di Thimble kita bisa belajar sekaligus bermain, di Thimble mereka senang mengotak-atik template yang sudah ada dengan di edit sesuai kreasi mereka dan juga sedikit bermain-main di Bahasa Pemograman Web yang meliputi HTML dan CSS.

Sesi selanjutnya yaitu sesi pengenalan Firefox OS yang diisi langsung oleh Om Benny Chandra, disini pengenalan dimulai dengan mengenal Mozilla lebih dekat yaitu dengan mengenal Proyek-Proyek Mozilla meliputi MozDev, MozFWD dsb. Setelah itu langsung pengenalan tentang Firefox OS yang dilanjutkan dengan mencoba langsung Firefox OS di yang sudah terkemas dalam sebuah Smartphone berwarna Orange.

Setelah sesi pengenalan Web maker dan pengenalan Firefox OS sudah, kini memasuki sesi Tanya jawab dan sesi kuis, dalam sesi Tanya jawab, para peserta sangat antusias dengan menanyakan salah satunya yaitu “Apa di Thimble support dengan PHP dan Ajax ?” dan banyak macam lagi pertanyaan-pertanyaan yang menurut kami sangat bagus.

Dalam sesi kuis, yang bias menjawab pertanyaan dari kami mendapatkan 1pcs T-Shirt Mozilla Firefox dan T-Shirt Acara #MakerPartySUB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan & Komentar Anda di Agung Blog