Polypropylene (PP)

Penggunaan PP

Sifat Fisika Kimia :
  • Nama Bahan : Propylene
  • Deskripsi Bahan : Gas tidak berwarna, bau menyengat, Berat molekul : 42.08. titik didih :-53°C. Larut dalam alkohol, eter, asam asetat
Polipropilena pertama kali dipolimerisasikan oleh Dr. Karl Rehn di Hoechst AG, Jerman, pada 1951, yang tidak menyadari pentingnya penemuan itu. Ditemukan kembali pada 11 Maret 1954 oleh Giulio Natta, Polipropilena pada awalnya diyakini lebih murah daripada polietilena, biasanya produk yang menggunakan bahan ini, tertera logo daur ulang dengan angka 5 di tengahnya, serta tulisan PP yang menandakan bahwa produk terbuat dari polypropylene.

Polypropylene merupakan polimer kristalin yang dihasilkan dari proses polimerisasi gas propilena. Propilena mempunyai specific gravity rendah dibandingkan dengan jenis plastic lain. Karakteristik jenis ini adalah biasa botol transparan yang tidak jernih atau berawan.Polipropilen lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah, ketahanan yang baik terhadap lemak, stabil terhadap suhu tinggi dan cukup mengkilap. Polypropylene mempunyai titik leleh yang cukup tinggi (190 – 200 oC), sedangkan titik kristalisasinya antara 130 – 135 C. Polypropylene mempunyai ketahanan terhadap bahan kimia ( hemical Resistance) yang tinggi, tetapi ketahanan pukul (impact strength) nya rendah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan & Komentar Anda di Agung Blog